Tuesday, December 1, 2015

Woww! Smartphone Ini Bisa Di-Charge 50% Dalam 5 Menit

KEREN! Smartphone Ini Bisa Di-Charge 50% Dalam Waktu 5 Menit
Hah, charge baterai sampe 50% hanya dalam waktu 5 menit? Mana mungkin! Faktanya, teknologi tersebut sudah dikembangkan lho oleh salah satu raksasa teknologi asal Tiongkok yaitu HuaweiHuawei baru saja mempertunjukkan sebuah teknologi fast charging yang dapat mengisi daya ke dalam baterai lebih cepat 10 kali lipat jika dibandingkan dengan teknologi konvensional lainnya.

Teknologi Baru dalam Efisiensi Pengisian Baterai

Semua itu dapat terjadi karena mereka mengklaim telah mengimplementasikan sebuah desain elektroda baru demi mengefisienkan proses pengisan baterai. Seperti dilansir melalui The Guardian, teknologi baterai tersebut dikembangkan melalui laboratorium milik Huwaei sendiri yaitu Watt Lab dan telah didemonstrasikan di Battery Symposium ke-56 di Jepang minggu lalu.
Link Video
Video yang mendemonstrasikan teknologi itu juga telah diunggah oleh pihak Huawei dan dapat kamu saksikan melalui video di atas. Baterai tersebut menggunakan katalis yang disusun di dalam Anoda yang akan mempercepat konversi listrik dari sumber daya ke energi kimia tanpa memperpendek umur dari baterai atau bahkan mengurangi energi yang tersimpan di dalamnya. Pada perhelatan Battery Symposium, Huawei mendemonstrasikan dua baterai dengan kapasitas yang berbeda. Untuk baterai berkapasitas 3000 mAh, ia dapat terisi secara cepat hingga 48% hanya dalam waktu 5 menit, sedangkan satu lagi yaitu yang berkapasitas 600 mAh, dapat terisi hingga 68% hanya dalam waktu 2 menit saja. Gokil ya?!
fast-charging-huawei-1

Masih Butuh Pengembangan Lebih Lanjut

Akan tetapi, teknologi fast charging ini memang perlu pengembangan lebih lanjut lagi, mengingat bahwa pengisian super cepat tersebut baru bisa dilakukan apabila baterai di-charge menggunakan charger yang terpisah dari smartphone yang ada. Huawei akan berusaha untuk merancang teknologi yang dapat menyematkan charger itu ke dalam masing-masing smartphone. Mari kita nantikan saja ya bagaimana perusahaan asal negeri tirai bambu tersebut beraksi. Oh iya jangan lupa juga untuk memberikan pendapat kamu di kolom komentar di bawah ini ya.

0 komentar

Post a Comment